Yuk, Kenalan dengan Jalak Bali

Yuk, Kenalan dengan Jalak Bali – Mungkin Anda tidak menduga bila nama asli dari jalak bali ini ialah curik bali. Burung yang memiliki ukuran tidak lebih dari 25 centimeter ini memiliki bulu yang putih bersih, serta sayap yang mempunyai warna hitam. Si seputar mata ia memiliki warna biru. Jalak ini banyak di sukai oleh orang dikarenakan kicauannya indah. Jalak ini ialah salah satu binatang endemik, itu berarti Anda hanya dapat menemukannya di bali, akan tetapi keberhasilan penangkaran saat ini, membuat Anda bisa menikmati keindahan dari jalak ini seperti di Jawa, Eropa.

Jalak bali ini amat rawan sekali dengan adanya perburuan, bisa di tebak saat ini populasi yang dimilikinya hanya belasan saja, selain dikarenakan perburuan, kerusakan lingkungan yang amat parah juga menyumbangkan penghambat pertumbuhan populasi ini. Di tahun 2005 lalu, sebuah survey mengatakan bila hanya ada 5 ekor jalak yang berada bebas di alam. Musim kawin jalak, biasanya di bulan Oktober dan November. Ia membuat sarang yang berada di pohon dengan tinggi tak lebih dari 175 centi.

Sejak tahun 1966, lembaga IUCN telah menyertakan jalak bali di dalam buku merah. Buku tersebut mencatat segala hewan dan tumbuhan yang memiliki ancaman untuk punah. Bahkan di dalam konvensi perdagangan dengan kelas internasional, jalan bali ini terdaftar di dalam kelompok yang sangat terancam kepunahannya dan sangat dilarang keras perdagangannya. Pemerintah Indonesia sendiri juga memberikan surat keputusan bila saat ini Jalak bali sangat di lindungi oleh undang-undang.

Jalak bali memiliki jambul yang amat indah, baik itu jantan ataupun betina, bentuk kakinya pun berwarna abu-abu dan biru, dengan 4 buah jemari, 1 berada di belakang dan 3 lainnya di depan. Ia juga memiliki paruh yang amat runcing. Panjang paruhnya 2 hingga5 centi, bentuk paruhnya sangat khas berwarna abu-abu hitam, dan ujung memiliki warna kecoklatan. Habitat yang terakhir yang terakhir jalak bali sendiri ialah Semenanjung Prapat Agung, di Teluk Brumbun dan Kelor yakni Taman Nasional Bali.

Baca Juga : Mau Berburu Hantu? Cari Saja di 7 Tempat Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *