Uniknya Takhayul di Jepang

Uniknya Takhayul di Jepang – Tahayul merupakan sebuah kepercayaan terhadap sesuatu yang tidak ada namun menganggapnya ada. Di berbagai daerah, terdapat berbagai macam tahayul tersendiri, salah satunya di Jepang.

Negara dengan sebagian besar penduduknya beragama Shinto ini, memiliki kepercayaan mengenai tahayul yang ada dan tidak jarang sebagian besar dari mereka sangat ketakutan jika melanggar larangan yang menjadi kepercayaan tersebut.

Angka 4 memang menjadi sumber ketakutan tersendiri untuk masyarakat di beberapa negara termasuk di Jepang. Di negeri sakura tersebut, angka 4 sering dikaitkan dengan kematian karena penyebutan yang sama, shi. 4 juga dianggap sebagai angka pembawa sial, sehingga banyak gedung di Jepang tidak memiliki angka 4 baik tombol untuk lantai ataupun nomer kamar di hotel dan apartemen.

Mobil jenazah

Di Jepang terdapat kepercayaan jika orang akan bernasib sial jika kendaraan yang mereka tumpangi, disalib oleh mobil jenazah. Tidak hanya itu, tahayul orang yang akan bernasib sial juga berlaku ketika menunjuk ke arah ambulans, mobil jenazah ataupun kuburan.

Hina Matsuri

Hina matsuri merupakan salah satu perayaan rutin yang dilakukan di Jepang di setiap tanggal 3 Maret. Tujuannya untuk mengucapkan syukur dan terima kasih ke sang pencipta karena telah diberi anak perempuan dan untuk meminta berkah bagi anak perempuan. Jika keluarga tersebut memiliki anak perempuan, maka sejak Februari harus memajang boneka Hina (pasangan putri pangeran dan dayang serta pengawal) di ruang tengah. Dan harus segera disimpan setelah tanggal 3 Maret. Tahayul yang dipercaya adalah, jika boneka tidak segera disimpan, anak perempuan di keluarga tersebut akan telat menikah.

Sapi

Orang Jepang kerap mengatakan kepada anaknya untuk tidak rebahan atau tidur setelah makan karena akan menjadi sapi. Kata-kata tersebut digunakan agar anak mau membantu orang tua mereka yang bekerja di ladang.

Tahayul lainnya yang dipercaya oleh orang Jepang diantaranya yaitu:

  • Dilarang memotong kuku dimalam hari karena akan membuat orang tua meninggal.
  • Jangan bersiul di malam hari karena dapat mengundang ular.
  • Jika memecahkan cermin, memutuskan tali sandal khas Jepang, membunuh laba-laba di pagi hari dan mematahkan sisir dapat membawa nasib sial.

Baca juga : Invasi Ubur-ubur Berukuran Raksasa di Perairan Jepang

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *