Si Langka Golden Cat

Si Langka Golden Cat – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang menjadi favorit sebagian besar orang walaupun tidak jarang diantaranya memiliki alergi terhadap bulu kucing. Kucing yang berkerabat dekat dengan harimau dan singa ini memiliki banyak jenis dan tidak jarang diantara jenis tersebut memiliki harga yang mahal. Namun, tidak jarang pula diantaranya telah masuk ke dalam kategori hampir punah, salah satunya adalah Golden Cat.

Golden cat merupakan kucing hutan yang mempunyai warna coklat keemasan pada bulunya. Kucing yang disebut juga dengan nama fire cat ini memiliki nama ilmiah Catopuma temminickii. Jenis kucing tersebut hidup di daratan Asia dan Afrika. Mempunyai berat rata-rata 8-12 kg untuk kucing dewasa dan panjang yang dapat mencapai 1,2 m ini dibedakan menjadi kucing emas Afrika dan kucing Asia berdasarkan pada asalnya.

Kucing emas Asia atau Pardofelis temminckii, syn. termasuk kucing liar yang berada di Asia Tenggara. Hilangnya habitat dengan cepat dan karena perburuan liar, menyebabkan IUCN di tahun 2008 memasukkan hewan ini sebagai salah satu hewan yang terancam punah karena jumlahnya mendekati kualifikasi Rentan. Beberapa mitologi menyebutkan jika beberapa wilayah di Thailand menganggap jika membakar bulu, memakan daging, membawa sehelai bulu dari kucing emas dapat membuat harimau menjauh. Sehingga kucing ini disebut juga sebagai fire tiger atau Seua fai.

Kucing emas Afrika atau African golden cat atau Profelis aurata merupakan kucing emas yang ada di hutan hujan Afrika Barat dan Afrika Tengah. Kucing ini mempunyai panjang total dari kepala hingga ekor sekitar 1,1 m. Jenis kucing berkerabat dekat Serval dan caracal.

Berbeda dengan kucing emas Asia, kucing emas Afrika memiliki bulu yang lebih bervariasi yaitu warna kayu manis (coklat kemerahan) hingga abu-abu. Kucing jenis ini juga mempunyai bercak berwarna coklat pudar hingga hitam berat. Terdapat 2 subspecies dari jenis ini yaitu Profelis aurata aurata yang berbintik di bagian bawah (berada di Kongo hingga Uganda) dan Profelis aurata celidogaster yang berbintik di hampir seluruh badan yang berada di seluruh Afrika Barat. Sama seperti kucing emas Asia, kucing ini juga termasuk sebagai kucing yang hampir punah.

Baca Juga : Misteri Tanda-tanda Keberadaan Makhluk Halus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *