Sejarah La Torre, Menara Miring Pisa

Sejarah La Torre, Menara Miring Pisa – Menara miring Pisa yang dalam bahasa Italia disebut Torre pendente atau pun The Tower of Pisa (La Torre) merupakan sebuah menara lonceng sebuah katedral yang ada di kota Pisa, Italia. Dimana menara yang satu ini berada di belakang katedral sekaligus menjadi struktur ketiga dari Campoe dei Miracoli (keajaiban) yang ada di Pisa. Meskipun pada rencana awalnya dibangun secara vertikal, tapi kemudian mulai miring mengarah ke tenggara setelah dilakukan konstruksi pada 1173 sebagai akibat dari pondasi yang tidak sempurna.

Konstruksi dari menara ini dibangun dalam 3 tahap dengan waktu 200 tahun dengan konstruksi di lantai pertama (marmer putih) dimulai pada 9 Agustus 1173. Sementara identitas dari arsitekturnya sendiri menjadi kontroversi. Karena selama bertahun-tahun desain menara diyakini hasil karya artis lokal ternama pada abad ke 21 Guglielmo serta Bonanno Pisano yang sudah dikenal dari perunggu hasil karyanya, terutama Pisa Duamo. Bonanno Pissano sempat meninggalkan Pisa pada 1185 tetapi kembali dan meninggal di Pisa dengan makam yang ditemukan pada dasar tower di tahun 1820.

Menara itu sendiri pertama kali miring justru setelah pembangunan lantai ke-3 di tahun 1178. Sebab amblasnya pondasi mencapai 3 meter akibat dari pergerakan tanah. Dapat dikatakan desain menara tersebut sebenarnya sudah cacat sejak awal. Konstruksi juga berhenti sementara hingga hampir satu abad karena warga Pisa hampir terlihat perang dengan Genoa, Florence dan Lucca. Selama masa dari waktu istirahat ini tanah kembali stabil dan dipasang jam sementara pada bangunan yang masih juga belum tuntas itu pada 1198.

Pembangunan berlanjut pada 1272 oleh Giovanni di Simone (arsitek Canposanto). Dibangun lantai 4 guna mengimbangi kemiringan menara, namun pembangunan kembali dihentikan (tahun 1284) saat Pisa berhasil ditaklukkan Genoa di pertempuran Meloria. Di tahun 1372 pembangunan dilanjutkan untuk menyelesaikan elemen-elemen Gothic menara dengan memberikan sentuhan nuansa Roma oleh Andrea Pisano. Terdapat 7 buah lonceng di Menara Pisa yang masing-masing menjadi wakil not nada. Sementara lonceng terbesar baru dipasang pada 1655.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *