Cerita Panjang Asal Muasal Kondom Hingga Saat Ini

Cerita Panjang Asal Muasal Kondom Hingga Saat Ini – Sebagai sebuah alat kontrasepsi yang banyak digunakan oleh laki-laki maupun perempuan di seluruh dunia, ternyata kondom mempunyai cerita sejarah yang sangat panjang.

Alat yang pada awal penemuannya ini digunakan untuk mencegah penularan penyakit seksual kini telah bertransformasi menjadi sebuah alat yang bisa digunakan untuk menunda atau mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Berikut beberapa cuplikan kisah penemuan kondom yang patut kita simak!

Jaman sebelum masehi

Penggunaan kondom sudah mulai dikenal sejak sebelum masehi oleh bangsa-bangsa Roma dan juga Mesir, yang dibuktikan dengan adanya beberapa lukisan batu yang telah berumur beberapa abad sebelum masehi. Hanya saja belum diketahui maksud dan manfaat dari penggunaan alat tersebut pada manusia, apakah hanya sekedar aksesoris untuk ritual upacara keagamaan atau sudah menjadi hal yang jamak dilakukan pada masanya.

Penemuan teknologi seperti kondom

Adalah seorang ahli anatomi pada masa Renaisan yaitu Gabrielle Fallopio yang pada tahun 1564 menemukan sebuah teknologi untuk melindungi alat vital pria dari penyakit seksual yang saat itu mewabah. Bahan yang terbuat dari linen ini, terbukti mampu mencegah penularan penyakit seksual pada 1000 lebih pria yang telah diuji coba sehingga banyak digunakan pada masa itu.

Pada abad ke 17 tepatnya saat Raja Charles II memerintah, dia menugaskan bawahannya untuk meneliti tentang alat yang bisa menghindarkannya dari penyakit sifilis pada saat itu dan mencegah kehamilan pada orang yang tidak diinginkannya. Ditawarkanlah bahan yang terbuat dari usus hewan pada saat itu, namun ternyata kurang mendapatkan hasil yang memuaskan dimana penularan penyakit masih terjadi demikian juga kehamilan yang tak diinginkan.

Titik balik penemuan kondom modern

Pada 1839 seseorang bernama fisikawan Charles Goodyear berhasil menemukan proses vulkanisasi, yang bisa membuat sebuah karet bisa terlihat sangat elastis dan juga tahan lama ketika digunakan untuk banyak keperluan.

Dari sinilah muncul penelitian dari Julius Fromm, yang menemukan cara pembuatan kondom dengan memakai teknologi cetakan kaca. Selain menghasilkan karet yang lentur dan tipis, kekuatan karet kondom ini juga tidak perlu diragukan lagi. Hingga saat ini kondom telah dibuat dalam banyak versi bentuk dan rasa disesuaikan dengan selera.

Baca Juga : Mengungkap Rahasia Sidik Jari Melalui Pola Guratannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *